MOBILE
DEVICES DAN SOCIAL NETWORKING
I.
Definisi Mobile Devices dan Social Networking
Mobile
Devices (juga dikenal dengan istilah cellphone, handheld device,
handheld computer, ”Palmtop”, atau secara sederhana disebut
dengan handheld) adalah alat penghitung (computing device) yang
berukuran saku, ciri khasnya mempunyai layar tampilan (display
screen) dengan layar sentuh atau keyboard mini. Dalam hal PDA
(Personal Digital Assistant) masukan (input) dan keluaran (output)
dikombinasi dalam interface layar sentuh.
Untuk
mendapatkan pelayanan dan kenyamanan dari sebuah komputer
konvensional yang dapat dibawa-bawa dan praktis adalah Smartphone,
PDA, Tab, Ipad, Notebook PC, Pocket Computer dll.
Social
Networking adalah
sebutan lain terhadap website community.
Social
Networking adalah
tempat untuk para netter berkolaborasi dengan netter lainnya.
Social
Networking adalah kegiatan “ajang” menjalin hubungan dengan orang
lain melalui social media sites / situs jejaring sosial yang ada di
internet. Bisa diakses di mana saja, kapan saja dan siapa saja. Dan
tidak jarang juga, orang-orang yang menggunakan situs semacam ini
dibilang melakukan kegiatan yang tidak bermutu Padahal status update
pun memiliki potensi dengan dampak yang luas.
Manusia
pada dasarnya memang sudah terkonfigurasi secara biologis untuk
bersosialisasi. Kita semua ingin untuk bertatap muka dengan orang
lain, kita bahkan memiliki kelebihan bawaan dari lahir untuk
melakukan facial recognition, berbagi satu sama lain, merasa
terkoneksi, dan aspek-aspek lainnya dari kehidupan sosial.
Dulunya
sangat susah bagi kita untuk bisa bertemu dengan banyak orang. hanya
melalui surat atau telegram. Kemudian hadirlah telepon dan kemudian
handphone, laptop dan lain-lain. Di satu sisi, memang menambah
pengeluaran uang yang tidak sedikit yang tentu saja menjadi hal yang
buruk, tetapi bila dilihat di sisi yang lain, ini adalah bukti nyata
kebutuhan dasar sebagai manusia untuk berhubungan dengan orang lain.
Sejak
berkembang masa era internet dengan bentuk dasar yang tidak
menghiraukan batasan apapun. Semua orang dapat terkoneksi di atas
satu medium. Siapapun dapat mengakses situs apapun. Dan karenanya,
saat sebuah situs jejaring sosial dimana orang-orang berkumpul
disediakan, banyak orang secara alami tertarik untuk bergabung.
Di
Indonesia sendiri, kegiatan ber-Social Media sebenarnya telah ada
sejak lama – dengan bermunculannya berbagai macam forum diskusi
berbasis web seperti KasKus misalnya, hanya saja demam Social Media
mulai terasa ketika sebuah situs pertemanan bernama Friendster mulai
naik daun – saat itu banyak orang mulai merasa sangat penting untuk
menampilkan sosok dirinya untuk dikenal orang lain.
Wabah Social
Media semakin menjadi-jadi ketika Facebook mulai dikenal oleh
masyarakat dunia – Facebook seolah menjadi wajib hukumnya bagi
seseorang yang berkelana di Internet – tidak memandang umur tua dan
muda, profesi pekerjaan dan lain lain – seolah merasa kurang
lengkap jika bisa mengakses Internet tapi tidak memiliki account
Facebook. Akses Facebook semakin mudah karena didukung dengan
perkembangan teknologi dan kemudahan akses Internet – sekarang
tidak perlu lagi sebuah personal komputer untuk mengakses Facebook –
perkembangan teknologi mobile device yang bernama Handphone seseorang
telah bisa bertemu dan berdiskusi dengan orang lain, bertemu dengan
teman teman baru dan juga teman teman lama yang telah lama berpisah.
II.
Manfaat Mobile Devices dan Social Networking
Saat
teknologi internet dan
Mobile Phone makin
maju maka media sosial pun ikut tumbuh dengan pesat. Kini untuk
mengakses facebook atau twitter misalnya, bisa dilakukan dimana saja
dan kapan saja hanya dengan menggunakan sebuah mobile phone atau
smartphone. Perangkat hanya perlu mendownload aplikasi social media
berbasis mobile dan langsung dapat digunakan. Demikian cepatnya orang
bisa mengakses media sosial mengakibatkan terjadinya fenomena besar
terhadap arus Informasi tidak hanya di negara-negara maju, tetapi
juga di Indonesia. Karena kecepatannya media sosial juga mulai tampak
menggantikan peranan media massa konvensional dalam menyebarkan
berita-berita.
Kita
bisa membuat sebuah daftar yang panjang jika berbicara tentang
manfaat Social Media. Tapi satu hal yang paling penting adalah,
dengan adanya Social Media maka sebuah informasi bisa disampaikan dan
tersebar dengan cepat. Social Media juga bisa menjadi sebuah tempat
untuk proses pembelajaran bagi para penggunanya.
Bahkan
yang sedang menjadi ‘trend topik’ saat ini adalah – Social
Media bisa menjadi sebuah alat untuk membentuk dan memperkenalkan
personal brand dan juga business brand yang dimiliki kepada orang
lain. Para individu dan juga badan badan bisnis mulai melirik Social
Media sebagai sebuah kesempatan emas yang murah meriah untuk
memperkenalkan ‘sesuatu’ kepada orang lain – mereka para
individu mulai giat memperkenalkan apa dan siapa diri mereka kepda
orang lain baik itu untuk tujuan pertemanan dan juga untuk tujuan
yang bersifat profesional – sedangkan mereka para pengusaha juga
mulai giat untuk ber-Social Media guna memperkenalkan dan menawarkan
jasa atau produk yang mereka miliki kepada para calon konsumen atau
calon pembeli.
III.
Pengaruh buruk Social Networking
Twitter,
Facebook dan situs situs Social Media lainnya bisa dikatakan sebagai
sebuah tempat di mana setiap orang bebas untuk melakukan apa saja
yang dikehendakinya.
karena
kebebasan ini seringkali para pengguna Social Media terjebak dalamnya
dan bagi mereka yang kurang pandai untuk menggunakannya malah sering
dirugikan.
Banyak
orang salah kaprah dalam menggunakan Social Media, mereka menganggap
Social Media adalah sebuah tempat di mana mereka bisa mengeluarkan
pendapat dan informasi APAPUN hingga kegiatan sehari-haripun ditulis
di mana mereka bebas melemparkan semua permasalahan hidup yang
seharusnya tidak boleh diketahui orang lain, hal ini terkadang bisa
dimanfaatkan oleh oknum-oknum tertentu yang memiliki niat tidak baik
yang kemudian mengambil keuntungan pribadi dari permasalahan hidup
orang lain. Rekan kerja saya pernah mengalami hal tidak menyenangkan
Mungkin anda masih ingat kasus penipuan dan juga penculikan yang
terjadi akibat penggunaan Facebook beberapa waktu lalu? Anak dari
rekan kerja saya pernah diculik oleh “teman” facebooknya hingga
membawa uang puluhan juta rupiah atas perintah oknum tersebut yang
untungnya oknum tersebut ditangkap oleh pihak yang berwajib. Sangat
disayangkan jika hal ini terus berlanjut, maka untuk anak usia labil
atau dibawah 21 tahun sangat tidak dianjurkan memiliki akun social
media karena seseorang pada usia tersebut sangat mudah untuk
dipengaruhi. Tak jarang karena kecanduan akan social media
mengakibatkan seseorang lupa waktu.
IV.
Perkembangan Sosial Networking
Perkembangan pesat
atas sosial media menghadirkan banyak situs-situs sejenis, bahkan
beberapa perkumpulan penikmat teknologi tersebut memberikan list
predikat terpopuler pada situs-situs tertentu.
Berikut adalah situs-situs terpopuler di dunia :
- Facebook (www.facebook.com)
Diluncurkan
pada tanggal 4 Februari 2004, Amerika Serikat, dibuat oleh Mark
Zuckerberg, Eduardo Saverin, Andrew McCollum,Chris H, Dustin M (1
milyar pengguna aktif, Oktober 2012)
Awalnya hanya
sebagai channel penghubung para mahasiswa Harvard University lalu
semakin terkenal hingga mengalahkan kepopuleran Friendster. Dengan
tampilan dan inovasi-inovasi yang menarik menjadikan facebook tidak
hanya menjadi jembatan komunikasi antar manusia tetapi juga sarana
bersenang – senang dengan ribuan game online yang menjadikan
Facebook sebagai social media terpopuler di dunia.
2. Twitter
(www.twitter.com)
Diluncurkan
tanggal 15 Juli 2006, California Amerika Serikat, Oleh Jack Dorsey,
Noah Glass, Evan Williams dan Biz Stone (pengguna aktif lebih dari
200 juta, Februari 2013)
Adalah Social
Networking dan Microblogging Dengan 140 karakternya berhasil
membuat dunia blog dan social media menjadi semakin praktis, menarik
dan poweful. Dengan banyaknya selebriti dunia sekelas Justin Bieber,
Lady Gaga, sampai Presiden Amerika Barrack Obama menggunakan Twitter
sebagai sarana komunikasi kepada masyarakat luas, semakin mengukuhkan
Twitter sebagai situs social media paling berpengaruh saat ini.
3.Google+
(www.google.com//google+)
Diluncurkan
pada 28 Juni 2011, dioperasikan oleh google Inc.
Google+ merupakan social media
besutan raja internet, Google Inc. Dibuat untuk menyaingi kepopuleran
facebook, dengan fitur yang nyaris serupa. Google+ menawarkan
kelebihan dengan seluruh account Google seperti Gmail, Blogger, dan
Youtube
4.Tumblr
(www.tumblr.com)
Diluncurkan
pada Februari 2007, New York Amerika Serikat, Dibuat oleh David Karp
(lebih dari 100 juta pengguna aktif, Mei 2013).
Tumblr hadir untuk sobat yang
ingin memiliki blog pribadi, tapi terkadang sulit menemukan cerita
menarik untuk diceritakan. Tumblr menawarkan metode blogging baru
yang tidak melulu hanya text, tapi juga gambar bergerak, music, dan
video. Semuanya bisa dengan mudah di share hanya dengan sekali upload
5. Friendster
(www.friendster.com)
Diluncurkan
pada tahun 2002, California Amerika Serikat. Dibuat oleh MOL Global
(8,2 juta pengguna aktif, Juni 2010).
Friendster mungkin merupakan
“kakek” dari segala social media. Sempat menjadi yang terdepan
beberapa tahun lamanya, karena hanya dia satu-satunya portal
pertemanan terbaik di dunia maya, membuat friendster masih tetap
ditunggu kembali kejayaannya.
6. Myspace
(www.myspace.com)
Diluncurkan
pada Agustus 2003, California Amerika Serikat. Dibuat oleh Thomas
Anderson dan Christopher DeWolfe (lebih dari 100 juta pengguna
aktif,
My Space adalah situs social
media nomor satu yang fokus dalam urusan musik. Banyaknya komunitas,
grup band indie, sampai selebriti yang memiliki myspace,
menjadikannya salah satu social media paling populer yang pernah ada.
7.Instagram
(www.instagram.com)
Diluncurkan
pada 6 Oktober 2010, Kevin Systrom dan Mike Krieger (lebih dari 100
juta pengguna aktif)
Instagram adalah portal sharing
foto paling populer saat ini. Menyediakan berbagai macam efek foto
vintage yang belum pernah ada sebelumnya, membuat instagram dengan
cepat digandrungi orang banyak. Saat ini baru tersedia di iStore dan
Google Play.
8.LinkedIn
(www.linkedIn.com)
Diluncurkan
pada 2003, California Amerika Serikat. Dibuat oleh Reid Hoffman dan
Jeff Weiner (225 juta pengguna aktif, 2013)
Situs
jejaring sosial berorientasi bisnis untuk para pebisnis dan
profesional. Banyak pemburu karyawan khususnya HRD mencari
referensi pada situs ini.
Sumber Referensi
2.
www.unik.ws/2012/12/10-social-media-populer-selain-facebook.html
0 komentar:
Posting Komentar