Pages

Minggu, 29 September 2013

OPEN SOURCE DAN FREEWARE SOFTWARE

OPEN SOURCE DAN FREEWARE SOFTWARE



I. PENDAHULUAN

Perangkat lunak (software) istilah umum yang digunakan untuk data yang diformat dan disimpan secara digital termasuk program komputer, dokumentasi dan berbagai hal yang bisa dibaca dan ditulis oleh komputer. Software merupakan bagian dari komponen sistem komputer yang diprogram agar memungkinkan komputer untuk mencocokan perintah yang diterima untuk memenuhi kebutuhan penggunanya.
Software dapat menjadi sistem yang berperan mengendalikan jalannya perangkat komputer yang menunjang operasional, dapat juga menjadi program aplikasi yang berperan memenuhi tugas/perintah dari sistem, atau sebagai perangkat penunjang pengembangan dan pembuatan aplikasi. Menurut Muffatto, software merupakan rangkaian perintah yang dijalankan oleh komputer dimana software berjalan dalam perangkat keras komputer (hardware). Ia berpendapat software merupakan perintah dan sarana dalam menerjemahkan kebutuhan pengguna terhadap komputer.
Banyak perangkat lunak yang sudah diciptakan, yang beredar secara gratis maupun berbayar. Contohnya Freeware, Shareware dan Open source. Kali ini penulis akan membahas tentang Open source dan Freeware.


II. Pengertian Open Source Software dan Freeware Software

Open source software dalam bahasa Indonesia Perangkat lunak sumber terbuka adalah istilah yang biasa digunakan untuk software yang membebaskan source code (sumber kodenya) untuk dapat digunakan secara gratis tanpa perlu membayar lisensi atau hak ciptanya dan boleh dipergunakan secara masal oleh publik dan hasilnya bisa dimanfaatkan oleh siapa saja.
Pengguna juga dapat mengetahui cara kerja, memodifikasi, memperbaiki kelemahan-kelemahannya dan menyebarluaskan software gratis tersebut dengan syarat-syarat tertentu yang salah satunya adalah mempertahankan nama softwarenya.

Contoh aplikasi Open Source adalah sebagai berikut :

  1. Linux adalah software operation system gratisdibawah lisensi GNU (general public license) dan dapat digunakan pada berbagai macam platform perangkat keras. Perkembangan Linux sangat cepat karena sifatnya open source.
  2. PostgreSQL merupakan sebuah aplikasi sistem basis data yang bisa disebarluaskan dan dapat digunakan oleh semua pengguna komputer secara bebas menurut perjanjian lisensi BSD. Aplikasi postgreSQL menawarkan berbagai macam fitur dan menu yang berguna untuk sebuah pembuatan basis data
  3. SQLite merupakan sebuah basis data mandiri yang dapat berjalan pada berbagai sistem operasi dan juga dapat dipergunakan pada berbagai macam arsitektur dan platform hardware.
  4. Firebird adalah salah satu aplikasi database yang lebih lengkap dari pada fitur pada MySQL. Aplikasi ini dapat dijalankan dengan baik pada sistem operasi windows maupun Linux. Firebird menyediakan banyak fitur yang tersedia dalam data base komersial.
  5. XAMPP adalah paket program untuk simulasi dan pengembangan web, termasuk didalamnya Apache (web server) dan MySQL (database)
  6. OS Commerce adalah program web untuk pengguna ingin membuka toko online
  7. Apache Web Server dirilis dibawah lisensi apache. Aplikasi ini tidak memerlukan perubahan versi untuk didistribusikan dibawah lisensi yang sama
Sedangkan Freeware (perangkat lunak bebas/gratis) adalah software komputer yang dapat digunakan tanpa biaya atau berbayar opsional. Berbeda dengan perangkat lunak komersial yang biasanya dijual untuk keuntungan, didistribusikan untuk bisnis atau tujuan komersial untuk memperluas pangsa pasar dari produk premium, freeware hanya boleh digunakan untuk perorangan saja.
Freeware istilah umum yang digunakan untuk sumber tertutup atau perangkat lunak berpemilik contohnya seperti 7-zip, Adobe Flash Player, windows dsb. Freeware software dapat didownload dan digunakan tetapi pengguna tidak dapat melihat kode sumber software tersebut dan biasanya mencantumkan syarat untuk kita setujui, karena pengguna tidak diperkenankan untuk memodifikasi atau untuk kepentingan non komersial dan syarat multak freeware tanpa batasan jumlah dan waktu pemakaiannya.

Contoh Software freeware adalah sebagai berikut :

  1. Adobe Flash digunakan untuk membuat gambar vektor maupun animasi gambarGoogle Chrome adalah sebuah perambahan web open source yang dikembangkan oleh google dengan menggunakan mesin rendering webkit. Versi beta untuk microsoft windows diluncurkan pada 2 September 2008 dalam 43 bahasa sedangkan versi Mac Os x dan Linux sudah dirilis.
  2. Avira Free antivirus dan AVG antivirus, antivirus ini sangat terkenal, versi gratisnya sudah didownload jutaan orang, jarang gagal saat mendeteksi virus. Antivirus untuk versi pro juga sudah tersedia dengan biaya lisensi yang sangat murah.
  3. Ccleaner, salah satu yang termasuk dalam freeware. Fungsinya untuk membersihkan PC dari file-file sampah, dapat menghapus aplikasi yang sulit dihapus dan melindungi privasi online sehingga PC pengguna tetap terjaga keamanannya.
  4. VLC (video lan client) merupakan freeware untuk memutar hampir seluruh format audio dan video.
  5. Google Chrome adalah sebuah perambahan web open source yang dikembangkan oleh google dengan menggunakan mesin rendering webkit. Versi beta untuk microsoft windows diluncurkan pada 2 September 2008 dalam 43 bahasa sedangkan versi Mac Os x dan Linux sudah dirilis.
  6. Mozilla adalah program penjelajah halaman web diinternet (web browser) salah satu perangkat lunak open source yang paling banyak digunakan. Web browser yang kecil, cepat dan simpel penggunaannya. Contoh pengembangan mozilla adalah versi 2.0
  7. Openoffice.org adalah program pendukung operasional perkantoran untuk mengolah kata, tabel dan database. Yang terdiri dari write (word), calc (excel), Impress (powerpoint) dan base (access).
  8. 7-ZIP adalah kompressor file format baru yang menawarkan rasio kompresi yang lebih kecil dibanding ZIP. Aplikasi ini mendukung semua format arsip antara lain RAR, ACE, ARJ, TGZ, TAR dan sebagainya. Untuk dekompresi memeori yang digunakan relatif sedikit. Penggunapun dapat memilih metode pengersipan yang tersedia.

III. Kesimpulan

Keuntungan menggunakan Aplikasi Open Source :
  1. Lisensi gratis dan hemat biaya : bagi pengguna diperkantoran skala kecil maupun perorangan tidak perlu membeli lisensi aplikasi berbayar
  2. Legal karena tidak ada bajak membajak dan tidak melanggar undang-undang hak cipta
  3. kualitas hasil terjamin karena sifatnya open source yang digunakan secara massal maka banyak orang yang mengevaluasi kualitas produk menjadi lebih baik karena siapapun dapat mengembangkannya
  4. pengguna dapat mengembangkan program, karena pengguna memiliki source code
  5. dapat memodifikasi software sesuai kebutuhan tanpa menyalahi EULA
  6. Software open source bebas dari malware (virus)
  7. meningkatkan kemampuan pengguna untuk memodifikasi software
  8. menghasilkan produk yang tak kalah bagus dengan hasil dari software yang berlisensi.

Kerugian menggunakan aplikasi Open Source :
  1. tidak adanya proteksi terhadap hak atas kekayaan intelektual
  2. tidak adanya garansi dari pengembang karena dimodifikasi oleh siapa saja
  3. perkembangan software tergantung pada perkumpulan yang mengembangkan/memodifikasi software itu sendiri. Jika tidak dikembangkan maka kemampuan software tidak berkembang
  4. software menjadi sia-sia jika SDM tidak dapat menggunakannya dan tidak mengerti kode tersebut
  5. pada awalnya sumber code masih mentah karena pengembangannya masih dalam pembangunan

Keuntungan menggunakan aplikasi freeware :

  1. tidak perlu membeli, langsung di download
  2. software berhak cipta yang gratis digunakan tanpa batasan waktu
  3. Legal asalkan mematuhi persyaratan yang telah disepakati ketika pertama kali mendownload aplikasi
  4. Kualitas aplikasi sangat baik tidak kalah dengan kualitas berbayar
  5. Aplikasi beraneka ragam sehingga sangat membantu penggunanya
Kerugian menggunakan aplikasi freeware :
  1. Software kadang tidak bisa di update
  2. software tidak bisa dimodifikasi
  3. software hanya bisa dipakai perorangan dan tidak untuk dikomersialkan karena melanggar hak cipta
  4. pada beberapa software diharuskan mendaftar untuk mendapat serial number

Sebuah software open source sudah tentu freeware tetapi software freeware belum tentu open source.


Sumber

- Opensource.org/license

Tidak ada komentar:

Posting Komentar